Downgrade OS X Sierra ke El Capitan

Males banget tau gak sih? setelah upgrade OS X terkini bertajuk Sierra mendadak MacBook putih kesayangan jadi super duper LOLA (loadingnya lambat boo…). Akhirnya terpaksa bin kepepet suka atau tidak ya diturunkan lagi ke sistem operasi setingkat di bawahnya yakni OS X El Capitan (wuih seperti lagu anak-anak). Yuk ikuti langkah-langkahnya biar jadi tambah pintar.

Pertama yang mutlak harus dilakukan tentu saja lakukan backup data yang ada di MacBook bisa dengan cara copy paste biasa ataupun aplikasi bawaan bernama time machine (kita bahas di kesempatan lain ya).

Kedua perlu diingat Mac OS tidak bisa kita downgrade dengan cara menimpa OS yang lebih baru! yang bisa dilakukan hanyalah melakukan install bersih/ clean install.

Jadi lebih dahulu siapkan flash disk minimal kapasitas 8Gb sebagai bootable drive dan source installer OS X El Capitan, cara bikin bootable drive juga nanti saja kita bahas, fokus pada proses installasi OS dulu ya gaesss.

Sampai mana tadi? oh iya setelah bootable drive El Capitan sudah jadi matikan MacBook semenit lah, terus bikin kopi dulu ya karena kunci installasi ini adalah kesabaran.

Tancapkan flash disk bootable di MacBook, nyalakan MacBook sambil menekan dan tahan tombol option/alt hingga muncul ikon bernama Install OS X El Capitan klik panah ikon tersebut untuk mulai proses instalasi, belum kapok? lanjut ya.

Akan muncul jendela utility OS X silahkan pilih Disk Utility lalu pilih internal hard drive Mac dan klik di erase, beri nama hard drive kalian dan pilih salah satu OS X Extended format.

Klik erase dan semua akan jadi hilang, bersih siap untuk diisi dengan OS X El Capitan.

Setelah proses format (ini istilah di microsoft windows) selesai maka tutup DIsk Utility. Muncul jendela yang di awal tadi, pilih Install OS X.

Dan selanjutnya ikuti saja proses installasi hingga selesai, sungguh mudah bukan? yang penting adalah sabar menunggu prosesnya hingga selesai, demikian semoga bermanfaat.

Please follow and like us:

0 comments on Downgrade OS X Sierra ke El Capitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *