Ayo, Bangun SDM untuk NTB

Mataram–Sumber daya manusia (SDM) sebagai kunci pembangunan daerah. Tidak seperti membangun fisik yang langsung terlihat, membangun SDM tidak bisa dilihat langsung.

Perhatian untuk membangun SDM ini diakui oleh Wakil Gubernur NTB H Muh Amin. Ia mengungungkapkan peningkatan SDM sangat mutlak untuk dilakukan. Menurutnya, pendidikan di NTB harus maju untuk mendorong peningkatan kualitas SDM, sebab hanya SDM berkualitaslah  yang akan mampu mengelola SDA yang melimpah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Jadi kekayaan SDA di bidang pertanian, peternakan, pertambangan dan potensi ekonomi kreatiF lainnya akan terkelola baik, apabila mutu pendidikan dan mutu lulusan pendikannya berkualitas baik,” katanya.

 

“Bila sumber daya alam kita ini tidak dikelola dengan sumber  daya manusia yang handal maka itu akan sia-sia karena tidak akan bisa meningkatakan kesejahtraan dan upaya- upaya dalam rangka  pengentasan kemiskinan,” ungkap Wagub NTB dalam Puncak Hari Ulang Tahun Akbar  Yayasan Maraqitta’limat ke- 65  di halaman STIKES  Al-Hamzar Maben, Lombok Timur (23/4/2017).

 

Diakui atau tidak, kita seringkali berteriak ketika perusahaan dari luar mengangkut pekerja dari luar daerah. Sementara bila dipaksakan, SDM di daerah tidak mumpuni.  Hal ini kemudian yang membuat tenaga kerja daerah kurang terserap optimal. Dengan pertumbuhan investasi dan pembangunan NTB yang kian pesat,  menjadi tantangan supaya SDM harus dipacu optimal. (*)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *