EXO Idola Baru Anak Muda


Barusan ada yang mampir di beranda media sosial status seorang Bapak yang kerepotan mencarikan baju anaknya dengan tulisan EXO. Siapa sih EXO itu? begitu digandrungi oleh paramuda.




Setelah tanya ke anak yang di bangku SMP, langsung disaht cepat,”itu boy band keren dari Korea”, oalah pantesan, ya udah kadung pengen tahu biar terobati dan gak penasaran yuk simak tulisan warganet berikut di exolindonesia.wordpress.com



Sub-Unit : EXO-K EXO-M
Negara : Korea Selatan – Cina
Label : SM Entertainment
Debut : 08 April 2012
Genre : K-pop, Mandopop, Pop, dan Dance-pop
Nama fans : EXO-L



Member : 12 (6 EXO-K 6 EXO-M)
EXO-K :
Suho
Baekhyun
Chanyeol
D.O
Kai
Sehun



EXO-M :
Kris*TidakAktif
Xiumin
Luhan
Lay
Chen
Tao



EXO (엑소) adalah boy band Korea Selatan-Cina yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea Selatan dan Cina. Genre yang dibawakan oleh EXO adalah K-pop, Mandopop, Pop, Dance-pop, sebelumnya EXO dikenal sebagai ‘소년천지‘ (“Boy’s Heaven” atau “Land of Boys”). Nama EXO diambil dari nama planet baru yang diketahui keberadaannya pada 2009 dan berada diluar tata surya.



Pada bulan Januari 2011, produser S.M. Entertainment, Lee Soo-man, mengumumkan rencananya untuk membentuk sebuah boy band baru pada bulan Maret atau April 2011. Dinamai M1 untuk sementara, grup ini tampak terdiri dari tujuh anggota saat foto mereka berlatih tari di sebuah studio bocor di dunia maya.



Pada bulan Mei 2011, Lee berbicara tentang grup ini dalam sebuah seminar bisnis Hallyu yang diselenggarakan di Universitas Stanford. Dalam presentasinya, dia menjelaskan strateginya untuk membagi grup ini menjadi dua subgrup, M1 dan M2, dan membuat mereka mempromosikan musik yang sama di Korea dan China, menyanyikan lagu baik dalam bahasa Korea maupun Mandarin. Lee Soo Man awalnya berencana untuk meluncurkan grup ini pada bulan Mei 2011,


namun debut mereka ditunda dan berita mengenai grup ini tidak beredar lagi sampai Oktober 2011 saat Lee mendiskusikan konsep grup ini secara singkat dalam sebuah wawancara dengan The Chosun Ilbo.



Pada Desember 2011, grup ini memfinalkan nama mereka menjadi EXO, dengan EXO-K untuk nama subgrup di Korea dan EXO-M untuk subgrup di Cina.



TEASER

Sesudah nama EXO ditetapkan barulah SM Entertainiment secara bertahap memperkenalkan seluruh anggota EXO melalui video teaser di SMTOWN Youtube Channel dan photo teaser di Facebook SMTOWN.



Member yang pertama kali diperkenalkan adalah Kai pada tanggal 21 Desember 2012, kemudian Luhan, Tao, Chen, Sehun, Lay Xiumin, Baekhyun, D.O, Suho, Kris dan yang terakhir Chanyeol.



Karena demam K-Pop sudah melanda dunia, otomatis membuat keberadaan EXO tidak hanya untuk pasar Cina dan Korea, melainkan di kawasan Asia bahkan di luar benua kita.


Hal ini didukung oleh aksi ‘gila-gilaan’ rumah label dalam mempromosikan boyband ini. Sebenarnya jauh-jauh hari SM Ent memperkenalkan ‘produk’ mereka di penghujung tahun 2012. Dengan perlahan tapi pasti, promosi ini berjalan mulus juga menarik.



Sebuah mobil truk dengan layar lebar memutar cuplikan video pertama EXO. Ini juga diletakkan di sejumlah pusat keramaian seperti Gangnam, Myeongdong, Sinchin, Hongdae, dan Cina.


Di skala dunia maya, kita disuguhkan 23 teaser EXO yang mengundang decak kagum. Masa promosi sendiri dilangsungkan selama 100 hari. Video dengan durasi 40 detik – 1 menit lebih ini mempresentasikan para anggotanya dengan konsep yang berbeda-beda. Ada yang melakukan koreografi, sekadar berjalan dengan latar montage tertentu, melakukan aksi bela diri, dan lainnya.



SINGE PROLOG

Sebelum debut EXO telah merilis dua Single Prolog diantaranya “What Is Love” dan “History”, Single ini muncul dengan Music Videonya/ MVnya juga.



Sebelum debut Resmi EXO sempat tampil langsung ke publik hanya empat member saja (Kai, Luhan, Tao dan Chen), mereka tampil di 2011 SBS Gayo Daejun pada tanggal 29 Desember 2011.



Kemudian mereka mengadakan showcase pertama mereka pada tanggal 31 Maret 2012 dan show case kedua pada tanggal 01 April 2012.

Sesudah showcase barulah EXO melakukan debut resmi mereka pada tanggal 8 April 2012. EXO-K dan EXO-M melakukan debut resmi secara bersama-sama dengan lagu-lagu yang sama tetapi di dua tempat yang berbeda.



EXO-K akan tampil dalam SBS ‘Inkigayo’ sedangkan EXO-M akan tampil dalam acara penghargaan ‘Music Festival’ di China yang dikenal sebagai Grammy China. Ini adalah sebuah acara penghargaan yang terkenal dan berpengaruh di mana banyak bintang top China menghadiri acara tersebut. Single debut EXO berjudul “MAMA”.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *